BUDAYA BELAJAR DAN PERILAKU SOSIAL ORANG TUA DAN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Masgaba Umar, Rismawidiawati Rusli

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya belajar dan prilaku sosial orang tua dan peserta didik ketika belajar dari rumah pada masa pandemi Covid-19 dengan mengambil kasus pembelajaran di SMP 1 Sungguminasa dan SMP 1 Manuju di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan focus group discussion (FGD), wawancara, pengamatan, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya belajar dan prilaku sosial orang tua dan peserta didik selama pandemi covid-19 mengalami perubahan. Semenjak covid-19, peserta didik di SMPN 1 Sungguminasa
melakukan proses belajar dari rumah (BDR) secara daring tidak lagi dilakukan secara tatap muka. Namun, bagi SMPN 1 Manuju yang terbatas fasilitas dan jaringan internet terpaksa menerima tugas secara langsung di sekolah setelah beberapa bulan, sekolah mencoba melakukan BDR secara daring namun tidak mencapai hasil yang baik. Pada proses BDR ini, orang tua memiliki peran yang cukup penting, yaitu orang tua berperan sebagai partner dengan anaknya dalam pembelajaran secara daring di rumah; mendampingi anak-anaknya dalam melaksanakan belajar secara daring; dan menyiapkan segala fasilitas anaknya yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Namun demikian, terdapat juga orang tua yang mengeluh karena menurutnya menambah pekerjaan rumah, harus memfasilitasi anaknya berupa handphone (HP), kuota internet, ditambah anak-anak mereka menjadi tidak disiplin. Sedangkan respons dari peserta didik pada umumnya lebih menyukai belajar dari sekolah daripada belajar dari rumah. Alasan mereka, lebih mudah memahami materi pelajaran jika bertatap muka (sidallekang) dengan guru, dan dapat berinteraksi secara langsung dengan teman-temannya di sekolah.

 


Keywords


budaya belajar; belajar dari rumah (BDR); prilaku sosial; orang tua; peserta didik

References


Afriansyah, Anggi, Dini Dewi Kusumaningrum, Andhika Ajie Baksoro, Ari P.S Prasojo. 2019. Pendidikan Sebagai jalan Terang: Membangun Pendidikan yang Responsif terhadap Kondisi Geografis, Demografi, Sosial, dan Budaya Orang Asli Papua. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Bustami, Muhammad Reevany & Rajih Arraki. 2020. Kepulauan Melayu Nusantara Era Pasca Covid-19: Dominasi Paradigma Digital Dan Empat Skenario Pendidikan Dan Pembelajaran Di Indonesia Dan Malaysia. Dalam Adi Fahruddin, dkk (Editor). Perubahan Sosial Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19. Bandung: Refika Aditama.

Kusumaningrum, Desi Eri, Djum Djum Noor Benty, Imam Gunawan. 2019. Manajemen Peserta Didik. Depok:Rajawali Pers.

Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter:Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Lickona, Thomas. 2013. Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Sumantri, Jujun S. 1980. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor.

Setiadi, Elly M, Kama Abdul Hakam, Ridwan Effendi. 2012. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group.




DOI: https://doi.org/10.36869/pjhpish.v8i1.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Atribution 4.0 International.