ANALISIS BENTUK KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI SOCIAL DISTANCING TERHADAP PENANGGULANGAN VIRUS CORONA DI KABUPATEN GOWA

Emilsyah Nur

Abstract


Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari kegiatan komunikasi dengan manusia lainnya. Panca indera dan kata-kata atau tulisan memiliki peranan penting dalam jalinan komunikasi antar manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi masyarakat dalam menyampaikan informasi social distancing di Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif  menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Bentuk komunikasi yang digunakan dalam menyampaikan informasi social distancing khususnya dalam penanganan virus corona di Kabupaten menggunakan komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal pada pelayanan kepada masyarakat terkait dengan penanganan virus corona di Kabupaten Gowa secara umum dapat dikatakan cukup baik. Hal tersebut dilihat berdasarkan indikator-indikator dari masing-masing bentuk komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal yang dapat mempengaruhi persepsi masyarakat yaitu layanan lisan, layanan tulisan, sikap atau perilaku, ekpresi wajah dan intonasi suara, dalam bidang pelayanan komunikasi yang baik mencakup komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal antara petugas dengan masyarakat merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki, kemampuan lisan dalam menyampaikan sebuah informasi atau memberikan penjelasan dengan ringkas dan jelas, untuk layanan tulisan berupa petunjuk ruangan harus dioptimalkan untuk mempermudah masyarakat dalam memahami penanganan dan mengatasi wabah corona di Kabupaten Gowa, sikap atau perilaku yang sopan dan ramah dan tidak bersikap cuek atau acuh dalam memberikan pelayanan dan ekpresi wajah yang sewajarnya dan tidak menampakkan wajah yang galak atau marah, dan intonasi suara saat memberikan pelayanan dengan nada yang ramah atau lemah lembut dan tidak ada nada yang keras ataupun membentak.

Keywords


Bentuk Komunikasi, Social Distancing

References


Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Coleman, 2020. “Pengaruh Bentuk Komunikasi terhadap penjualan jasa Grab-Car terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus pada wisatawan di Yogyakarta)”. e-Journal Perspektif Vol XVI No.1 AMIK BSI Yogyakarta.

Darmawan, 2019: Tantangan Public Relations pada Era Keterbukaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, Onong Uchyana. 2006. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ferdinand, 2018. Penggunaan Media Sosial bagi Humas di Lembaga Pemerintah. Disampaikan pada Kegiatan Forum Kehumasan Kota Tangerang di Bogor. Tersedia di https://www.researchgate.net/publication/308513901_Penggunaan_Media _Sosial.

Fitriah, Maria, D, 2020 . Jurnal Social Distancing, Perubahan Sosial Lewat Komunikasi Digital Menghadapi Wabah Corona Covid-19

Laziman, 2019. Analisis Penerapan Komunkasi Dua Arah dalam Memberikan Pemahaman Di Kalangan Peserta Didik. Sosial Science Education Journal. Vol.3 No.2.

Leasmana, Heri, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Offset, Bandung.

Muhammad Ardianto, 2014. Komunikasi Massa Satu Pengantar, Simbiosa Rakatama Media: Bandung.

Rasyid, 2016. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress.

Remes, 2013. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Edisi 3. Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Jakarta: Salemba Humanika.

Sadriawan, “Analisis Wacana Kritis Ideologi dan Citra Dalam Pemberitaan Media Indonesia di Pilkada DKI Jakarta Bulan Januari 2017”, Asian People Journal Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Fakulti Sains Sosial Gunaan Universiti Sultan Zainal Abidin Terengganu Malaysia, Vol. 1, Issue 2, 2019.

Sapir, 2016. Teori Komunikasi Massa. (Tri Wibowo, Trans.). Jakarta: Prenada Media Group

Sedjaya, 2015.. Teknik Praktis Riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syaifullah, 2015. Persepsi Mahasiswa terhadap Transportasi Online (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Bentuk Komunikasi terhadap Layanan Grab di Kalangan Mahasiswa Fisip USU). Tesis. Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara Medan




DOI: https://doi.org/10.36869/pjhpish.v6i1.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Atribution 4.0 International.