PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013; MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA KENDARI (2013-2019)

Bahtiar Bahtiar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan sistem pembelajaran di Kota Kendari dengan menggunakan Kurikulum 2013 (K13). Dalam kajian ini menggunakan metode sejarah dengan beberapa tahap, yaitu heuristik, kritik, penafsiran, penulisan. Hasil penelitian menujukkan bahwa sistem pembelajaran K13 di Kota Kendari sudah mulai dijalankan pada tahun itu juga. K13 ini merupakan kelanjutan dari KTSP dan dari beberapa kurikulum sebelumnya meskipun ada tambahan. Pendidikan di Kota Kendari menempati urutan ke 32  dari 34 Provinsi di Indonesia dalam hal mutu pendidikan atau peringkat ketiga terbawah, namun pendidikan di Kendari masih terus berbenah diri mengejar ketinggalannya. Dalam kajian ini sebagai percontohan sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah SMPN 1 dan SMPN 2 Kendari terhadap sistem pembelajaran K13, karena kedua SMPN tersebut adalah pilot projek. Pada K13 pembelajaran adalah usaha dasar guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar. Perubahan itu didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relatif lama dan karena adanya usaha. Dengan demikian kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang melibatkan beberapa komponen: pemerintah, satuan pendidikan, dan masyarakat. Untuk mencapai perubahan dari ketertinggalan mutu pendidikan di Kota Kendari perlu pembenahan, agar sistem pendidikan di Kota Kendari lebih baik dan berkembang.

 

 


Keywords


sistem pembelajaran, K13, Kendari

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik dan Abdurrahman Suryomihardjo. 1985. Ilmu Sejarah dan Historiografi, Arah dan dan Perfektif. Jakarta: PT. Gramedia.

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2103. Bandung: Refika Aditama.

Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, bahan Ajar Training of Trainer Implementasi Kurikulum. 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: PSNP.

Boediono. 2002. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013, Strategi Alternatif Pembelajaran Di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Aksara.

Idi, Abdullah. 2014. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Manab, Abdul. 2015. Manajemen Perubahan Kurikulum. Yogyakarta: Kalimedia.

Nasution, S. 2001. Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Permendikbud No. 75 tahun 2016: Komite Sekolah, setkab.go.id, permendikbud.

Ricklefs, M.C. 2001. Sejarah Indonesia Modern: 1200-2004. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Saifullah, Muh, dkk. 2012. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 5 No. 2.

Soearni, Eddy. 2003. Pengembangan Tenaga Kependidikan pada awal Reformasi (1998-2001) dalam Guru di Indonesia, Pendidikan, Pelatihan, dan Perjuangan Sejak Jaman Kolonial Hingga Era Reformasi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dikdasmen.

Sudarma, Momon. 2013. Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Syamsuddin, Helius. 2012. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Suyanto dan Hisyam, 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Alokasi Waktu Mata Pelajaran K13 SMP MTS SMA MA tahun 2019, ammiradrasah.blogspot.com, diakses 4 Desember 2019.

Alhamuddin, Sejarah Kurikulum di Indonesia. Media.neliti.com, publication, diakses 20 Desember 2019.

Kherysuryawan.blogspot.com, diakses 10 Desember 2019.

Mutu Pendidikan Sulawesi Tenggara, detiksultra.com, diakses 1 Desember 2019.

Rahma, SA, digilib.iainkendari.ac.id, diakses 2 Desember 2019.

Sumardin, 2019. Kualitas Pendidikan Sulawesi Tenggara Perinkat 3 terbawah, beritakotakendari.com 2019, diakses 10 Desember 2019).

Narasumber/informan:

Mahdin, Kepala Sekolah SMPN 1 Kendari, 57 tahun, tanggal 5 dan 9 Agustus 2019.

Muhammad Adil, guru Bahasa Inggris SMPN 1 Kendari), 54 tahun, tanggal 5 dan 9 Agustus 2019.

Awaluddin, guru PPKN SMPN 1 Kendari, 45 tahun, tanggal 5 dan 9 Agustus 2019.

Mulyadi, guru Sejarah SMPN 1 Kendari, 43 tahun, tanggal 5 dan 9 Agustus 2019.

Saemina, Kepala Sekolah SMPN 2 Kendari, 52 tahun, tanggal 6 dan 8 Agustus 2019.

Suaidin, guru PPKN SMPN 2 Kendari, 48 tahun, tanggal 6 dan Agustus 2019.

Zatinaah, guru Bahas Indonesia SMPN 2 Kendari, 53 tahun, tanggal 6 dan 8 Agustus 2019.

Hasriani, guru Sejarah SMPN 2 Kendari), 43 tahun, tanggal 6 dan 8 Agustus 2019.




DOI: https://doi.org/10.36869/pjhpish.v6i2.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Atribution 4.0 International.