STRATEGI PELAKU USAHA RESTORAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN GOWA

Raodah Hafid

Abstract


Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Gowa, berkenaan dengan pelaku usaha restoran. Selama masa pandemi, pelaku usaha restoran mengalami keterpurukan yang berdampak pada berkurangnya omset penjualan dan pengurangan tenaga kerja. Untuk bertahan hidup, pelaku usaha restoran melakukan berbagai macam strategi,agar dapat bangkit dari keterpurukan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi pelaku usaha resotaran selama masa pandemi Covid-19, dan secara purposive memilih dua resto yang terkenal di Kabupaten Gowa, yaitu Resto Dewi Sri dan Resto Saung Rindu Alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa strategi yang dilakukan pelaku usaha restoran untuk bertahan hidup selama masa pandemi, yaitu menerapkan protokol kesehatan, melakukan penjulan online, melakukan renovasi restoran sebagai persiapan re-opening, melakukan berbagai promosi untuk meningkatkan omset penjualan, dan kepedulian terhadap karyawan.


Keywords


usaha, restoran, strategi, pandemi, Covid-19

References


David , R, FRED. 2006.Manajemen strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Herni Amir. 2020. Dampak Corona, Objek Wisata Malino ditutup.Sindonews

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman.2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru.Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Salusu, J. 1996.Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publikan Organisasi non Profit. Jakarta : PT Grasindo

Supriyono. 1995. Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis. Yogyakarta : BPFC.

Permen parekraf RI Nomor 11 tahun 2014 tentang Standar usaha restoran.

Yuniati Yusuf, 2020. Dampak Covid 19 Terhadap Pelaku Parawisata di Kabupaten Gowa. Makalah. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa.

Internet

https://ayoyogya.com/read/2020/06/06/39560/efisiensi-kunci-pengusaha-restoran-bertahan-saat-pandemi. Diakses tanggal 15 Agustus 2020

https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/731191/bisnis-restoran-dituntut-cepat-beradaptasi-di-masa-pandemi. Diakses tanggal 2 Agustus 2020

Informan

Agoes Purnomo, 35 tahun (manager restoran Resto Dewi Sri)




DOI: https://doi.org/10.36869/pjhpish.v7i1.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Atribution 4.0 International.