PEMANFAATAN CANDI GUNUNG GANGSIR: UPAYA MENUMBUHKAN KESADARAN SEJARAH SISWA SMAN 1 PURWOSARI MELALUI METODE OUTDOOR LEARNING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atsania, Anggraini Putri.2016. Gaya Arsitektur Dan Fungsi Candi Gunungangsir Serta Muatan Pendidikannya. Skripsi. Tidak diterbitkan UM
Candra, Maulana. 2017. Wawancara “Kesan Mengikuti Outdoor Learning “ diSMAN 1 Purwosari
Campbell, Mark. 2002. “Ngapain ke Candi?” Pengunaan Peninggalan-Peninggalan Purbakala di Jawa Timur.Malang: Universitas
Muhammadiyah Malang.
Durkheim, Emile. 1990. Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Airlangga
Fauzi, Ahmad. 2014. Pengaruh Pembelajaran Outdoor Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Nusantara Plus Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah, Skripsi
tidak diterbitkan
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo
Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor
Learning).Jakarta: Prestasi Pustaka Raya Publisher
Istari, Rita. 2015. Ragam Hias Candi-Candi di Jawa Motif dan Maknanya. Yogyakarta: Kepel Press.
Jannah, Nur. 2017. Wawancara “Sejarah Candi Gunung Gangsir“ di Desa Gunung Gangsir Kecamatan Beji
Kartodirdjo, Sartono. 1989. Fungsi Pembelajaran Sejarah dalam PembangunanNasional, Historika No.1 Th I. Surakarta: Program
Pascasarjana UNS
Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia
Kartodirdjo, Suyatno. (2000). “Teori dan
Metodologi Sejarah dalam
Aplikasinya”,dalam Historika, No.11
Tahun XII.Surakarta: Program Pasca
SarjanaPendidikan Sejarah Universitas
Negeri Jakarta KPK Universitas
SebelasMaret Surakarta.
Lewis, M. 1983. “Conservation: A Regional Point of View” dalam M. Bourke, M. Miles dan B. Saini (eds). Protecting the Past for the Future. Canberra: Austraalian Government Publishing Service.
Pardo, Herry N.K. 2012. Model Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Melalui Pendekatan Inkuiri.
Jurnal Paramita Vol. 22, Juli 2012 Hlm 207-216
Prihantoro, Iptu. 2010. Metode Pembelajaran Outdoor Study. Jakarta: PT Gramedia.
Soekmono. 2006. Pengantar Sejarah Kebudayaan 2. Yogjakarta: Penerbit Kanisius
Soeroto. 1975. Mataram 1. Bandung: Sanggabuwana
Smith, L. 1996. “Significance Concepts in Australian Management Archaeology” dalam L. Smith dan A. Clarke (eds). Issue in
Management Archaeology, Tempus, vol 5.
Sulhan. 2016. Peningkatan Kesadaran Sejarah Siswa Melalui Pemanfaatan Sumber Isu Kontroversial Pada Mata Pelajaran IPS
di SMP Negeri 4 Palu. E-Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 9, September 2016 hlm 156-167
Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan
Terapannya dalam Penelitian). Surakarta: UNS Press
Warto. 2017. Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Generasi Muda. Makalah disajikan dalam seminar “Internalisasi Nilai-Nilai Sejarah
sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Nasionalisme dan Sadar Sejarah kepada Generasi Muda”, UNY Yogyakarta,20 September.
www.candi.perpusnas.go.id/temples/deskripsijawatimurcandiGunungGangsir.html (diakses 18 Maret 2017)
DOI: https://doi.org/10.36869/pjhpish.v4i1.81
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Atribution 4.0 International.